PT KONTAK PERKASA FUTURES | Tujuh Tahun Silam, Samsung Rebut Takhta Nokia

 

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Nokia menghabiskan 14 tahun sebagai raja ponsel dunia. Pada akhir periode 1990-an hingga akhir 2000-an, perusahaan asal Finlandia ini merupakan ponsel idaman yang dipegang sejuta umat.

Tapi nasib mereka harus berbalik ketika smartphone mulai merajalela. Dilansir dari Android Authority, Senin (1/4/2019) pada akhir kuartal pertama tahun 2012, penjualan ponsel buatan Nokia pun semakin merosot dan Samsung pun menjadi vendor ponsel nomer satu.

Kemunduran yang dialami Nokia sepertinya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Contohnya ketika mereka memutuskan untuk mengembangkan sistem operasinya sendiri, Symbian, yang diharapkan dapat menjadi pesaing iOS dan Android.

Ketika Symbian tidak berhasil mencapai sukses yang diinginkan, Nokia pun menjalin kerjasama dengan Microsoft untuk menciptakan sistem operasi mobile lainnya yaitu Windows Mobile. Sama seperti Symbian, nasib Windows Mobile pun turut menjadi produk gagal.

Tapi, bukan hanya kebijakan Nokia yang membuatnya kewalahan menghadapi Samsung. Saat itu, Samsung dan Apple yang merupakan dua rival utama Nokia juga telah membuat salah satu smartphone terbaik mereka.

Samsung saat itu telah meluncurkan Galaxy S2 dan sedang bersiap untuk peluncuran Galaxy S3 pada kuartal kedua tahun 2012. Sedangkan Apple juga sudah pernah menyalip posisi Nokia pada tahun 2011, setelah peluncuran iPhone 4.

Tapi, Nokia kini mencoba bangkit perlahan setelah Microsoft Mobile menjual bisnisnya kepada HMD Global. HMD Global mulai menjual smartphone Android dengan merek Nokia pada tahun 2016 dan hingga kini telah berhasil menjual lebih dari 70 juta perangkat.

Bahkan Nokia kini telah kembali ke persaingan smartphone global. Pada tahun lalu Nokia mencapai peringkat sembilan dalam jumlah smartphone yang dikapalkan. PT KONTAK PERKASA FUTURES

 

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES

Leave a comment