PT KONTAK PERKASA | Hati-hati! Jangan Asal Pakai Semir di Ban Motor

 

PT KONTAK PERKASA SURABAYA – Ban jadi salah satu bagian motor yang gampang motor. Wajar, komponen ini langsung bergesekan dengan medan jalanan yang kadang berdebu dan becek. Untuk membuat ban tetap berkilau seperti baru, biasanya pemilik akan menyemir ban motornya pakai cairan khusus.

Cara ini bisa dilakukan sendiri atau di tempat-tempat pencucian motor. Biasanya, menyemir ban motor jadi tahapan akhir dari proses pencucian yang dilakukan para tukang cuci. Pinggiran ban akan dipoles menggunakan sejenis cairan pengkilat yang mengandung silikon.

Melansir laman mpmhondajatim, pemilik motor tidak boleh asal menggunakan cairan untuk semir ban. Sebab menyemir dengan semir ban yang salah, malah akan merusak permukaan ban motor, bahkan membuat ban tidak tahan lama.

Maka itu, sebelum memilih semir ban, sebaiknya detikers mencari tahu kandungan bahan apa saja yang ada di dalam semir ban yang akan digunakan nanti. Saat ini semir ban banyak dijual dalam dua jenis yaitu yang berbentuk busa dan cairan.

Kedua jenis semir ban ini punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Maka itu, detikers bisa memilih semir ban sesuai dengan kebutuhan. Biasanya semir dengan bentuk cairan mengandung silikon, kandungan silikon dalam semir ban memang mampu membuat ban lebih mengkilap sesaat.

Tapi kandungan silikon ini juga bisa merusak permukaan ban bila digunakan dalam jangka panjang. Karena bisa membuat ban rentan mengalami keretakan. Terlebih, zat silikon ini biasanya akan membuat ban menjadi lebih licin, sehingga berbahaya untuk keselamatan.

Sementara semir ban berbentuk busa, bisa dibilang lebih baik dibanding yang berbentuk cair. Karena semir ban berbentuk busa mengandung aerosol yang lebih ramah terhadap kondisi ban, sehingga bisa mengurangi risiko kerusakan dan menjadi lebih tahan lama. PT KONTAK PERKASA

 

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA

Leave a comment