PT KONTAK PERKASA | Pengembangan Mobil Listrik Anak Bangsa Telan Rp 2 Miliar

 

PT KONTAK PERKASA SURABAYA – Berbeda dengan para pabrik mobil komersil, pengembangan mobil oleh para akademisi memerlukan pengorbanan uang yang banyak. Salah satu mobil listrik offroad hasil kerjasama Universitas Budi Luhur dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) setidaknya telah menghabiskan biaya sebesar Rp 2 miliar.

Uang sebanyak tersebut digunakan untuk mengembangkan trial dan eror agar bisa menjadi mobil listrik Neo Blits yang saat ini tampil di Indonesia International Motor Show (2019) JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Mulai dari Blits dulu termasuk gagal-gagalnya. Yang mahal itu R&D-nya. Kurang lebih hampir Rp 1,8 milar sampai Rp 2 miliar,” ujar Pimpinan Proyek Blits, Sujono, pada Minggu (28/4/2019) di booth Neo Blits IIMS 2019.

Sujono menceritalan, tak jarang beberapa dari komponen tertentu mengalami rusak meski didatangkan dari luar negeri dengan biaya mahal.

“Karena ada beberapa part dalam negeri tidak ada, harus kami datangkan. Kemudian kadang baru datang kita coba langsung jebol juga terjadi sehingga ada beberapa biaya memang cukup tinggi,” jelas Sujono.

Blits sendiri sejak pertama kali dibuat dikerjakan selama 9 bulan. Sedangkan Neo Blits yang dikembangan dari unit yang sama hanya membutuhkan waktu 1,5 bulan.

“Untuk blits dikerjakan kurang lebih 8-9 bulan tapi untuk Neo Blits ini untuk menyesuaikan sistem elektrik, merombak drivetrain nya, dan reasembling baterai kita selesaikan kurang lebih 1,5 bulan,” pungkas Sujono. PT KONTAK PERKASA

 

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA

Leave a comment