PT KONTAK PERKASA FUTURES | Jangan Sampai Lupa! Cek Lagi 5 Komponen Mobil Ini Sehabis Mudik

 

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Momen libur panjang lebaran telah selesai. Bagi yang kemarin mudik ke kampung halaman pakai mobil pribadi, jangan sampai lupa lakukan perawatan ya. Merawat mobil setelah digunakan dengan intensitas tinggi wajib dilakukan supaya mobil tetap sehat dan siap diandalkan lagi untuk aktivitas sehari-hari.

Seperti dijelaskan oleh Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi, setidaknya ada 5 point penting yang perlu diperiksa setelah mobil digunakan untuk perjalanan jauh. Apa saja? Yakni oli, kaki-kaki, rem, filter bahan bakar, interior serta filter AC.

Untuk oli mesin, pastikan detikers memeriksa komponen cairan yang penting ini. Kendaraan yang dipakai jarak jauh dengan waktu yang lebih lama, maka suhu oli mesinnya semakin tinggi dan membuat kekentalan oli dan volume-nya berkurang. “Maka itu, pastikan tidak terdapat kebocoran, dengan melihat adanya rembesan oli atau tidak,” kata Bambang, dalam keterangan resminya.

Komponen kedua yang perlu diperiksa adalah kaki-kaki. Kondisi medan jalan yang bervariasi, memaksa komponen ini bekerja ekstra dalam menopang bodi kendaraan. Pastikan anda memeriksa kondisi shockabsorber, lower-arm, dan jangan lupa juga cek keausan ban, berikut tekanan anginnya.

Masih dari area kaki-kaki, selanjutnya yang perlu dicek adalah rem. Perjalanan panjang dan macet dalam waktu lama akan memberi beban pada sektor pengereman, sehingga ia bekerja lebih keras.

“Pastikan ketebalan kampas rem masih dalam keadaan baik. Pemilik mobil dapat mengganti komponen ini kalau memang sudah mencapai batas maksimal dan jangan lupa untuk mengisi minyak rem apabila berkurang dari takaran yang seharusnya sesuai rekomendasi dari pabrik,” lanjut Bambang.

Selanjutnya cek bahan bakar. Selama perjalanan mudik, kadang pengguna mobil terpaksa mengisi bahan bakar tidak sesuai dengan oktan yang direkomendasi, karena ketersediaan bahan bakar di area tersebut. “Jadi jangan lupa untuk mengecek filter bahan bakar. Dan kalau sudah kotor, dapat menggantinya untuk meminimalisasi kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar,” lanjutnya.

“Terakhir adalah interior dan filter AC. Pastikan interior bersih dari sisa makanan dan minuman di dalam kabin. Lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari kabin hingga bagasi agar tidak menyebabkan aroma yang tidak sedap dan terhindar dari masuknya serangga ke dalam kabin. Jangan lupa bersihkan saringan udara AC,” pungkas Bambang. PT KONTAK PERKASA FUTURES

 

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES

Leave a comment