PT KONTAK PERKASA | Wabah Corona Bikin Pasar Ponsel Global Anjlok 2,3%

PT KONTAK PERKASA SURABAYA – Pasar ponsel global turut terdampak seiring penyebaran virus corona ke berbagai penjuru dunia. Menurut International Data Corporation (IDC) pasar ponsel pintar diperkirakan akan anjlok 2,3% pada tahun 2020.
Itu artinya, pengapalan smartphone global tahun ini hanya berada di sekitaran 1,3 miliar unit saja. Penurunan ini merupakan angka terendah di industri ponsel pintar selama lima tahun terakhir.

“Covid-19 menjadi alasan lain untuk memperpanjang tren kontraksi pasar smartphone, mengurangi pertumbuhan di paruh pertama tahun ini,” ujar Analis Riset Senior IDC Sangeetika Srivasta seperti dalam pernyataannya di situs IDC, Senin (2/3/2020).

Disebutkan IDC, selama paruh pertama tahun ini pengapalan smartphone dunia menurun 10,6%. Setelah itu, perusahaan riset ini meramal di kuartal ketiga jadi momen pasar ponsel kembali tumbuh.

“China, pasar smartphone terbesar akan menerima pukulan terbesar, pasar lainnya pun akan berdampak pada gangguan rantai pasokan. Kekurangan komponen, penutupan pabrik, karantina, logistik, dan pembatasan perjalanan akan menciptakan hambatan bagi vendor untuk menghasilkan handset dan meluncurkan produk,” tuturnya.

IDC menyebutkan pula di awal 2021, situasi pasar ponsel pintar kembali bergairah seiring dengan keberadaan 5G.

Mewabahnya coronavirus yang terjadi pada awal tahun ini telah membuat pesta teknologi sekelas MWC 2020 Barcelona batal. Biasanya di ajang tersebut diperkenalkan berbagai inovasi dan smartphone terbaru.

Namun para peserta berduyun-duyun membatalkan diri turut berpartisipasi di MWC 2020. Mereka pun menggelar peluncuran secara online, bahkan ada yang ditunda dan belum jelas sesi pengenalan produk terbarunya.

Corona juga membuat toko-toko retail tutup, seperti yang terjadi di China. Apple hingga Samsung memutuskan untuk menutup toko dengan alasan keamanan. PT KONTAK PERKASA

 

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA
detik.com

Leave a comment