KONTAK PERKASA FUTURES | Corona Bikin Pabrik Otomotif di RI Tumbang, Pengamat: Efeknya Mirip Bola Salju

KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Imbas terjadinya wabah virus corona, sepanjang minggu pertama bulan April 2020 membuat banyak manufaktur otomotif roda dua maupun roda empat di Indonesia mengumumkan penghentian sementara aktivitas pabriknya.
Pengamat Otomotif Yannes Martinus Pasaribu mengatakan peristiwa itu tak ubahnya efek bola salju yang ditimbulkan sejak pandemi Covid-19 pertama kalinya menghantam industri otomotif China.

“Dampaknya seperti bola salju. Dimulai dari China yang pabrik pembuatan parts-nya mulai lockdown. Kemudian hingga akhir Maret lalu menggelembung, melebar ke India, Thailand, dan beberapa negara pemasok parts lainnya untuk pasar Indonesia,” bilang Yannes kepada detikOto, Minggu (5/4/2020).

Lanjut Yannes menjelaskan, terganggunya rantai pasokan komponen berbagai kendaraan yang dirakit di Indonesia membuat banyak pabrik mobil dan motor di Indonesia terpaksa memakai stok komponen yang ada di distributor lokal.

“Karena terbatasnya stok parts di dalam negeri, akhirnya mereka tidak dapat menyelesaikan proses perakitan produknya. Akhirnya, produksi terganggu dan tidak dapat mengirimkan barang kepada para dealer,” lanjut akademisi dari Institut Teknologi Bandung itu.

Sampai hari Minggu (5/4/2020), pabrikan mobil di Tanah Air seperti Honda, Suzuki, Wuling, serta pabrik motor Yamaha sudah mengambil langkah antisipasi pandemi corona dengan menyetop produksi sementara.

Beberapa pabrikan lain seperti Daihatsu, Toyota, Mitsubishi, dan Honda motor belum memberhentikan sementara aktivitas pabriknya. Namun mereka sudah melakukan penyesuaian kapasitas produksinya dengan kondisi saat ini. Artinya kegiatan di lingkungan pabrik sudah dibatasi.

Perkembangan kasus virus corona di Indonesia, hingga Minggu (5/4/2020) mencatat sebanyak 2.273 kasus positif, 198 meninggal dunia, dan 164 sembuh. KONTAK PERKASA FUTURES

 

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
detik.com

Leave a comment