PT KONTAK PERKASA FUTURES | Ilmuwan Temukan Toilet Pintar yang Bisa Deteksi Penyakit

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Peneliti menemukan toilet pintar yang bisa menganalisa berbagai penyakit dengan meneliti tinja dan urine. Tidak hanya itu toilet ini juga bisa mengidentifikasi pengguna menggunakan sidik jari.
Toilet eksperimental ini diciptakan oleh peneliti dari Stanford University yang hasil penelitiannya diterbitkan di jurnal Nature Biomedical Engineering. Uji coba toilet ini diikuti 21 partisipan selama beberapa bulan.

“Toilet pintar ini merupakan cara yang sempurna untuk mengumpulkan sumber data yang biasanya dihiraukan, dan pengguna tidak harus melakukan apa pun secara berbeda,” kata pemimpin studi ini Sanjiv Gambhir dalam keterangannya yang dikutip dari Cnet, Rabu (8/4/2020).

Toilet yang digunakan sebenarnya merupakan toilet duduk biasa. Untuk membuatnya menjadi pintar, toilet ini dilengkapi dengan sensor pendeteksi gerakan berteknologi tinggi.

Toilet ini merekam video dari tinja dan urine pengguna yang kemudian diproses oleh algoritma. Algoritma ini bisa menentukan durasi keluarnya urine sekaligus kepadatan sampel tinja.

Toilet pintar ini juga bisa menggunakan strip uranalysis untuk menghitung sel darah putih di urine dan mendeteksi level protein yang bisa menentukan apakah pengguna sedang sehat atau menderita infeksi kandung kemih, kanker, diabetes atau gagal ginjal.

Untuk memastikan bahwa analisis yang dihasilkan sesuai dengan penggunanya, toilet ini menggunakan sistem two-factor authentication yang sedikit aneh. Selain sidik jari, toilet ini juga bisa mendeteksi penggunanya berdasarkan pola anus mereka.

“Poin pentingnya adalah untuk memberikan feedback kesehatan yang presisi, individual jadi kita harus memastikan toilet ini bisa membedakan pengguna. Kami tahu ini terlihat aneh, tapi ternyata, pola anus manusia sangat unik,” kata Gambhir.

Data yang dikoleksi oleh toilet ini disimpan di cloud untuk diakses oleh dokter nantinya. Walau toilet ini memindai anus penggunanya, fotonya tidak akan disimpan di cloud atau bahkan diteruskan ke dokter. PT KONTAK PERKASA FUTURES

 

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
detik.com

Leave a comment