PT KONTAK PERKASA FUTURES | 5 Kekhawatiran Jika Elon Musk Pasang Komputer di Otak

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Elon Musk melalui salah satu perusahaannya, Neuralink, berniat menanamkan chip komputer ke otak manusia. Pria yang juga nakhoda SpaceX dan Tesla itu telah mendemonstrasikannya pada binatang, yaitu babi.
Chip super yang kecil dipasang di otak babi dapat dibaca sinyalnya. Nanti saat sudah sempurna dan dipakai manusia, Musk mengklaim chip ini bisa menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan saraf seperti kebutaan, lumpuh atau bahkan imsonia. Malah disebut pula dapat terhubung dengan smartphone ataupun melakukan telepati.

Walau sebagian orang skeptis dan memang belum ada bukti keampuhannya, tetap saja ada kekhawatiran yang muncul andai nanti benar ada chip yang ditanam di otak manusia. Berikut contoh kecemasan soal teknologi ini, seperti dikutip detikINET dari Tech Times.

1. Mengontrol Pikiran

Musk menyebut nantinya, chip itu dapat upload ataupun download informasi antara otak manusia dan internet. Walau masih berupa klaim mengawang-awang, jika benar terjadi maka tak menutup kemungkinan otak bisa dikontrol oleh orang yang menyalahgunakan, misalnya saja hacker.

Skenarionya misalnya, penjahat cyber mampu menerobos sistem Neuralink, kemudian mengontrol manusia yang terhubung dengan sistem tersebut.

2. Kerusakan Chip

Namanya benda buatan manusia, tidak mungkin chip tersebut bertahan selamanya dan tetap ada potensi kerusakan bagaimanapun baik kualitasnya. Apa yang terjadi jika chip ini rusak saat terpasang di otak manusia? Sejauh ini, belum ada penjelasan dari Neuralink walau tentunya mereka sudah memikirkannya.

3. Muncul Manusia Superior

Dengan memakai chip tersebut, bukan tidak mungkin manusia masa depan akan lebih superior dibandingkan yang tidak memakainya, misalnya jadi jauh lebih pintar dan lebih kebal dari berbagai macam penyakit. Hal ini bisa menimbulkan kesenjangan berbahaya.

4. Kecerdasan Buatan Berkuasa

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence rencananya akan dibenamkan dalam sistem Neuralink yang terhubung dengan otak manusia. Bisa jadi AI yang awalnya membantu, malah akan lebih mendominasi dan berakibat buruk bagi umat manusia.

5. Dikuasai Orang Kaya

Dengan teknologi baru yang begitu kompleks untuk menanam komputer ke otak manusia, tentu dibutuhkan biaya tidak sedikit untuk memanfaatkan chip komputer tersebut, seperti diakui oleh Elon Musk sendiri. Jika demikian, maka hanya orang kaya yang dapat menggunakannya dan membuat mereka makin powerful. PT KONTAK PERKASA FUTURES

 

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
detik.com

Leave a comment