PT KP PRESS | Sempat ‘Mati Suri’, Bursa Saham Tokyo Dibuka Lagi

PT KP PRESS SURABAYA – Bursa Efek Tokyo (TSE/Tokyo Stock Exchange) telah kembali melanjutkan perdagangan normal pada hari Jumat. Perdagangan saham pada pasar bursa di Jepang sempat dihentikan karena masalah teknis Kamis kemarin. Dilansir dari Reuters, Jumat (2/10/2020), pasar dibuka sedikit lebih tinggi setelah mengalami pemadaman terburuk yang pernah terjadi.

Diketahui perdagangan saham di TSE dihentikan karena adanya masalah perangkat keras pada sistem perdagangan “Arrowhead”. Sialnya, kegagalan juga terjadi saat mau beralih ke sistem cadangan.

Hal tersebut menyebabkan penangguhan satu hari penuh. Insiden ini merupakan yang pertama kali terjadi sejak TSE mengalihkan perdagangan burse ke sistem elektronik pada 1999.

Sialnya lagi, insiden berhentinya perdagangan justru terjadi pada saat volume perdagangan sedang tinggi-tingginya. Apalagi sentimen positif baru saja terlihat setelah rilis survei perusahaan tankan yang diawasi ketat oleh Bank of Japan, dan juga sentimen positif kenaikan Wall Street.

Peristiwa ini pun terjadi hanya dalam dua minggu setelah masa jabatan Perdana Menteri Yoshihide Suga, yang memprioritaskan penerapan digitalisasi di segala aspek. Resiko paling buruk dari insiden pemadaman perdagangan bursa Tokyo adalah merusak rencana Tokyo untuk menggantikan Hong Kong sebagai pusat keuangan Asia.

Pejabat dari Bursa Efek Tokyo dan Japan Exchange Group Inc yang menjalankan bursa meminta maaf atas kejadian yang terjadi pada hari Kamis dan mengatakan penyebab fundamental masih belum diketahui.

Pengembang sistem perdagangan tersebut, Fujitsu Ltd juga meminta maaf dan mengatakan temuan apa pun akan diungkapkan. Mereka menolak berkomentar tentang masalah kompensasi.

Sementara Chief Executive Officer TSE Koichiro Miyahara mengatakan bursa tidak memiliki rencana untuk klaim kompensasi. Mereka mau mengambil tanggung jawab penuh untuk penutupan. PT KP PRESS

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KP PRESS

2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KP PRESS
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KP PRESS
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KP PRESS
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KP PRESS
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KP PRESS
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KP PRESS

detik.com

Leave a comment