PT KP PRESS | Corona Belum Usai, India Kembali Diserang Wabah Flu Burung

PT KP PRESS SURABAYA – Di tengah pandemi Corona, India kembali diserang wabah flu burung. Akibatnya, pejabat setempat mengatakan puluhan ribu unggas di sana akan disembelih setelah wabah tersebut muncul dan membunuh banyak burung.

Melihat kondisi ini, enam negara bagian di India telah meningkatkan upaya untuk menahan dua jenis flu burung yaitu H5N1 dan H5N8. Kedua virus tersebut telah membunuh ribuan burung, bebek, burung gagak, dan ayam yang bermigrasi.

H5N8 merupakan subtipe flu burung pada unggas dan burung liar. Virus ini sudah menyebar ke beberapa negara, sejak awal tahun lalu.

“Lebih dari 600 burung mati pada Senin (4/1/2021),” kata Archana Sharma selaku kepala satwa liar di negara bagian India, yang dikutip dari Mint, Rabu (6/1/2021).

Pejabat setempat mengatakan dari sampel yang dikirim ke Institut Nasional Penyakit Hewan Keamanan Tinggi India, semuanya dinyatakan positif terinfeksi H5N1. Sebagian hewan yang mati adalah angsa berkepala batang, yang memang bermigrasi ke Asia Selatan dalam jumlah ribuan selama musim dingin.

Untuk mencegah penyebaran virus, otoritas lokal melarang penjualan dan ekspor unggas di wilayah tersebut dan meningkatkan pengujian. Di negara bagian Kerala, sebanyak 35.000 unggas dimusnahkan setelah virus H5N8 membunuh 12.000 ekor bebek.

Di negara bagian Haryana, otoritas setempat melaporkan hampir 150.000 ekor ayam mati secara misterius di beberapa peternakan unggas di distrik Barwala. Sampel dari unggas yang mati tersebut juga sudah dikirimkan ke laboratorium untuk diuji.

Negara bagian India lainnya, Rajasthan dan Madhya Pradesh juga melaporkan ratusan gagak mati. Hal ini disebabkan oleh wabah H5N1 dan H5N8 dalam beberapa minggu terakhir.

Sebelumnya, India juga sudah pernah diserang wabah flu burung pada tahun 2008 lalu. Itu merupakan wabah paling parah yang menyebabkan jutaan unggas harus dimusnahkan untuk mencegah penyebaran wabah tersebut. PT KP PRESS

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KP PRESS

2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KP PRESS
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KP PRESS
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KP PRESS
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KP PRESS
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KP PRESS
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KP PRESS

detik.com

Leave a comment