PT KONTAK PERKASA FUTURES | Rekomendasi EUR/USD 26 Maret 2021: Kemungkinan Melanjutkan Penurunannya?

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – EUR/USD diperdagangkan turun dibawah 1.18, disekitar 1.1767 ditengah menguatnya dollar AS. Latar belakang dibalik menguatnya dollar AS dan turunnya pasangan matauang EUR/USD adalah persoalan vaksin di Eropa dan kondisi ekonomi di Amerika Serikat.

Uni Eropa dan Inggris sedang bertikai keras dalam hal pendistribusian vaksin, khususnya vaksin dari AstraZeneca yang berasal dari Inggris, meskipun diproduksi di Eropa. Uni Eropa dan Inggris melakukan pembicaraan untuk meredakan ketegangan dalam hal distribusi vaksin dan merilis pernyataan awal bahwa mereka akan berusaha mencari solusi yang “win-win”. Jaminan akan berlangsungnya terus “supply” vaksin adalah berita yang positip, namun hasilnya tergantung pada pertemuan tingkat tinggi Uni Eropa. Jika para pemimpin Eropa menyampaikan frustrasi penduduknya masing – masing dan mempersalahkan Inggris, pertikaian akan berlanjut dan hal ini adalah buruk bagi euro.

Belanja infrastruktur yang sedang disiapkan oleh Gedung Putih, meningkat kemungkinannya untuk menjadi realita setelah Senator Demokrat yang moderat Joe Manchin, memberikan persetujuannya. Investasi pemerintah yang baru kemungkinan bisa memicu inflasi dan mendorong Federal Reserve untuk menaikkan tingkat bunga lebih cepat dari rencana semula yang dapat menaikkan dollar AS.

Dana belanja infrastruktur ini rencananya akan diambil dari kenaikan pajak atas perusahaan. Hal ini kemungkinan bisa merusak sentimen pasar, sehingga menambah dorongan untuk pindah ke USD yang “safe-haven”.

Naiknya dollar AS juga ditopang oleh positipnya prospek pemulihan ekonomi AS. Departemen Perdagangan AS mengatakan bahwa GDP kuartal ke empat final AS bertumbuh 4.3%, naik dari perkiraan sebelumnya sebesar 4.1% dan angka ini adalah lebih baik daripada yang diperkirakan para ekonom yang memperkirakan angka GDP kuartal ke empat final tidak berubah.

Klaim pengangguran mingguan AS turun sebanyak 97.000 ke 684.000, lebih baik daripada yang diperkirakan pasar. Ini adalah pertama kalinya klaim pengangguran AS turun dibawah 700.000 sejak pandemik Covid – 19 dimulai setahun yang lalu. Konsensus para ekonom memperkirakan klaim pengangguran mingguan AS akan muncul di angka 730.000 setelah angka sebelumnya direvisi naik ke 781.000.

Secara keseluruhan pasangan matauang ini masih bisa turun lebih lanjut.

“Support” terdekat menunggu di 1.1750 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1690 dan kemudian 1.1600. “Resistance” terdekat menunggu di 1.1836 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1875 dan kemudian 1.1910. PT KONTAK PERKASA FUTURES

vibiznews.com

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA FUTURES

2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES

Leave a comment