PT KONTAK PERKASA FUTURES | Rekomendasi GBP/USD 16 Desember 2021: Berbalik Turun Setelah FOMC the Fed

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Setelah FOMC the Fed AS, GBP/USD berbalik turun ke 1.3248 setelah sebelumnya sempat naik ke 1.3256 pada awal perdagangan sesi Eropa setelah Office for National Statistics Inggris melaporkan bahwa Consumer Price Index lompat ke 5.1% per tahun di bulan November dari sebelumnya 4.2% di bulan Oktober. Angka ini juga mengatasi ekspektasi pasar di 4.7%.

Di dalam “statement”-nya setelah selesai pertemuan FOMC, the Fed mengumumkan bahwa bank sentral AS ini akan meningkatkan kecepatan tapering menjadi $30 miliar per bulan dari sebelumnya $15 miliar per bulan. Perubahan ini akan membuat program pembelian assets bank sentral AS akan berakhir pada awal tahun 2022.

Selama konferensi pers, Powell menekankan bahwa batas waktu untuk menaikkan tingkat bunga tergantung kondisi kapan employment yang maximun berhasil dicapai. The Fed akan terus memonitor progress upah, jobs openings, tingkat pengangguran dan banyak lagi.

Sebelum FOMC the Fed, GBP/USD berhasil membukukan sedikit keuntungan harian pada hari Selasa dan memelihara momentum bullishnya pada hari Rabu setelah data dari Inggris menunjukkan bahwa inflasi di bulan November naik dengan kecepatan yang lebih kuat daripada yang diperkirakan.

Office for National Statistics Inggris pada hari Rabu melaporkan bahwa Consumer Price Index (CPI) lompat ke 5.1% per tahun di bulan November dari sebelumnya 4.2% di bulan Oktober. Angka ini juga mengatasi ekspektasi pasar di 4.7% dan memberikan dorongan naik bagi Poundsterling Inggris. Meskipun ketakutan terhadap kasus coronavirus meningkat yang dapat menyebabkan diberlakukannya lagi restriksi yang baru, para investor kelihatannya lebih memperhitungkan dalam harga keputusan kebijakan BoE yang hawkish ditengah inflasi yang memanas. Pada perdagangan sesi AS hari Rabu, sebelum FOMC the Fed, dollar AS sempat melemah ditengah reposisi jelang keputusan dari the Fed.

Namun setelah selesai pertemuan the Fed dan dikeluarkannya “statement” FOMC the Fed, GBP/USD berbalik turun ke 1.3248 karena menguatnya USD.

“Support” terdekat menunggu di 1.3244 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3233 dan kemudian 1.3200. “Resistance” terdekat menunggu di 1.3300 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3330 dan kemudian 1.3390. PT KONTAK PERKASA FUTURES

vibiznews.com

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES

Leave a comment