KONTAK PERKASA FUTURES | THR Cair Bareng Gajian, Begini Cara Aturnya

 

KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Lebaran sebentar lagi, uang tunjangan hari raya (THR) pun sedang ditunggu-tunggu banyak orang. Jangan lupa lho THR pun harus diatur penggunaannya agar tidak habis dengan sia-sia.

Yang harus diperhatikan adalah, tahun ini hari raya jatuh pada tanggal muda alias awal bulan. Karena hal tersebut maka penerimaan gaji dan THR menjadi bersamaan, lalu bagaimana sih penggunaannya?

Head of Wealth Management & Client Growth Bank Commonwealth Ivan Jaya memberikan tips mudah mengelola THR dan gaji yang datang di saat yang bersamaan. Ivan menilai yang harus diperhatikan adalah mengatur persenan alokasi.

Pertama Ivan menyarankan agar memisahkan dana THR dan gaji terlebih dahulu. Prioritaskan THR untuk kebutuhan hari raya.

Kemudian, buatlah anggaran dan skala prioritas dana THR dan gaji. Untuk THR sendiri Ivan menyarankan disisihkan terlebih dahulu 20-50% untuk dana simpanan.

“Idealnya dana THR yang digunakan untuk keperluan hari raya tidak dihabiskan seluruhnya, disarankan sekitar 20% – 50% dana THR bisa ditabung atau diinvestasikan. Kebutuhan untuk hari raya harus diprioritaskan, seperti pembayaran zakat dan kebutuhan tradisi mudik,” kata Ivan dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (17/5/2019).

Lalu misalnya dana THR nantinya bersisa Ivan menyarankan dana tersebut langsung dimasukkan ke dalam tabungan. Tabungan ini bisa digunakan untuk kebutuhan pengeluaran tahunan.

“Seperti pembayaran PBB, pajak kendaraan, atau uang untuk berqurban,” sebut Ivan.

Selanjutnya, Ivan juga menjabarkan pengalokasian gaji bulanan. Dalam gaji bulanan Ivan menyarankan digunakan untuk tiga hal, menabung, membayar utang, dan memenuhi kebutuhan hidup.

“Prioritaskan menabung atau berinvestasi terlebih dahulu sebesar 20%-30% dari pendapatan bulanan. Sisihkan 30% untuk membayar cicilan utang sekaligus untuk biaya entertainment/lifestyle,” ungkap Ivan.

“Sisanya untuk kebutuhan hidup seperti membayar listrik dan membeli persediaan bahan makanan sebulan,” tambahnya.

Ivan menyarankan agar anggaran pengeluaran rutin dicatat. Baik pada saat mendapatkan THR maupun gaji bulanan, tidak lupa tanamkan sikap disiplin terhadap apa yang dianggarkan tersebut.

“Dengan mencatat segala pengeluaran untuk kebutuhan Lebaran tahun ini, kita bisa memiliki acuan untuk pengelolaan THR tahun berikutnya dan juga gaji bulanan,” tutupnya. KONTAK PERKASA FUTURES

 

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | KONTAK PERKASA FUTURES

2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES

3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES

4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | KONTAK PERKASA FUTURES

5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | KONTAK PERKASA FUTURES

6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | KONTAK PERKASA FUTURES

7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES

Leave a comment