PT KONTAK PERKASA FUTURES | Saran Dokter untuk Mengurangi Risiko Diabetes di Perkotaan

16.jpeg

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Jakarta merupakan kota dengan prevalensi diabetes tertinggi di Indonesia. Dr Em Yunir, SpPD-KEMD, Ketua PERKENI (Perkumpulan Endokrinologi Indonesia) Jaya, mengatakan bahwa peningkatan jumlah ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai penyakit diabetes.

“Saat ini masih banyak yang terlambat menyadari penyakit diabetes, bahkan 52% pasien diabetes sudah mengalami komplikasi saat terdiagnosa,” katanya dalam temu media di Balai Kota Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Karenanya, dr Yunir menyarankan agar masyarakat tidak menunda untuk melakukan skrining diabetes. Skrining diabetes tahapannya sederhana, bisa dengan periksa darah dan tensi seperti biasa.

“Kader-kader atau dokter puskesmas bisa melihat orang yang memiliki potensi diabetes, contohnya saat ibu atau orang tua yang membawa anaknya imunisasi ke Puskesmas. Sarankan untuk melakukan skrining diabetes juga,” katanya.

Beberapa indikasi untuk dilakukan skrining bisa dilihat dari faktor resikonya, apakah orang tersebut berpotensi diabetes. Misalnya, umurnya di atas 40 tahun, memiliki berat badan berlebih atau keluarganya ada riwayat penyakit diabetes.

dr Yunir ingin pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk wajib skrining. Sebagai salah satu upaya untuk mengurangi angka prevalensi diabetes yang tinggi di Jakarta.

“Dalam waktu sebulan sekali harus ada kegiatan skrining diabetes di tempat kerja, misalnya 100 orang diskrining,” pungkasnya. PT KONTAK PERKASA FUTURES

 

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
 
sumber : detik.com

Leave a comment