PT KONTAK PERKASA | Samsung Integrasikan Modem 5G di Prosesor Menengah

21.jpeg

PT KONTAK PERKASA SURABAYA – Sampai saat ini, modem 5G untuk ponsel baru tersedia secara terpisah atau terintegrasi dengan prosesor flagship. Namun Samsung kini merilis modem 5G yang terintegrasi dengan prosesor kelas menengah, yaitu Exynos 980.

Dengan chip ini Samsung membidik untuk menghadirkan konektivitas 5G ke lebih banyak pengguna, bukan cuma pengguna ponsel flagship. Atau dengan kata lain Samsung bakal merilis ponsel kelas menengah yang menggunakan prosesor Exynos 980 yang terintegrasi dengan modem 5G.

Ponsel kelas menengah tersebut diperkirakan akan hadir pada awal 2020, sementara produksi massalnya sendiri bakal dimulai pada akhir 2019. Ponsel kelas menengah tersebut diperkirakan akan lebih murah ketimbang Galaxy A90 5G dengan prosesor Snapdragon 855 dan modem Snapdragon X50 yang dijual dengan harga USD 750 di Korea Selatan.

Tak seperti Snapdragon 855 dan kebanyakan prosesor Qualcomm lain yang ada saat ini, modem 5G Samsung ini sudah terintegrasi di dalam chip prosesornya, atau lazim disebut dengan system on a chip (SoC).

Dengan begitu, penggunaan ruangan di dalam bodi ponsel bisa dioptimalkan, dan Samsung bisa membenamkan baterai yang lebih besar di dalamnya, demikian dikutip dari Phone Arena, Rabu (4/9/2019).

Exynos 980 dibuat dengan teknologi FinFET 8nm, dan mempunyai delapan core yang terdiri dari dua core berperforma tinggi Cortex-A77 dan enam core Cortex-A55 yang hemat energi. lalu chip GPU-nya adalah Mali-G76, serta ada juga neural processing unit (NPU) di dalam chip tersebut untuk menghadirkan pengalaman AI yang lebih baik.

Sementara modem 5G yang dipakai mendukung kecepatan sampai dengan 2,55 Gbps yang berjalan di spektrum sub-6 GHz, lengkap dengan dukungan jaringan 4G LTE gigabit. Prosesor ini juga didesain untuk mendukung kamera dengan resolusi mencapai 108 megapixel, layar WQHD+ (3360 x 1440) pixel, dan kamera yang mampu merekam video 4K dengan frame rate 120 fps. PT KONTAK PERKASA

 

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA
detik.com

Leave a comment