PT KONTAK PERKASA FUTURES | Berdebar-debar Setelah Minum Kopi, Amankah bagi Jantung?

 

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Sebagian orang pernah merasa jantungnya berdebar-debar setelah minum kopi. Kondisi jantung yang berdebar yang merupakan efek dari kopi atau kafein ini, seringkali membuat khawatir.

Menurut dokter ahli jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, dr BRM Ario Soeryo Kuncoro, SpJP(K), FIHA, jantung berdebar merupakan keluhan subjektif atau efek dari kopi yang dirasakan oleh seseorang. Jantung berdebar ini bisa dilihat dari dua kondisi irama jantungnya, yaitu jenis iramanya dan frekuensinya.

“Kalau frekuensinya terlalu cepat ataupun lambat, itu bisa jadi keadaan yang mengkhawatirkan dan menjurus ke membahayakan. Tapi, kalau dia berdebar-debar tapi sampai membuat irama jantung tidak teratur, bisa jadi peringatan, barangkali harus berobat untuk memastikan irama jantungnya normal atau tidak ke pelayanan kesehatan,” jelasnya pada detikcom, Minggu (22/9/2019).

dr Ario juga menjelaskan, apabila jantung berdebar keras namun irama dan frekuensinya normal hingga membuat seseorang tidak nyaman, harus segera diperiksakan ke dokter.

“Untuk keadaan jantung yang berdebar keras namun frekuensi dan iramanya normal dianjurkan untuk segera ke dokter. Nanti akan diberikan obat-obatan yang bisa mengurai keluhan tersebut, sampai menunggu efek dari kopi atau kafein tersebut hilang,” tuturnya. PT KONTAK PERKASA FUTURES

 

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
 
detik.com

Leave a comment