PT KP PRESS | Motor 250 cc Suzuki Versi Balap, Mesinnya Masih 1 Silinder

 

PT KP PRESS SURABAYA – Suzuki India resmi meluncurkan Gixxer SF 250 dengan kelir ala tim Suzuki Ecstar MotoGP. Tak sekadar penampilannya yang makin agresif dan sporty, Gixxer SF 250 versi balap ini ternyata juga mengalami perubahan dari sisi teknis.

Perubahan itu adalah hadirnya Suzuki Oil Cooling System (SOCS) yang sepenuhnya baru. Sistem tersebut diklaim lebih optimal untuk berbagai kebutuhan, mulai dari riding di dalam kota atau untuk kebutuhan balap di sirkuit.

“Sistem pendingin oli dalam mesin pertama kali diperkenalkan oleh Suzuki untuk menciptakan mesin yang ringan dan cepat,” kata juru bicara Suzuki, dikutip dari ultimatemotorcycling.

Secara teknis, mesin berteknologi SOCS yang berasal dari MotoGP akan menciptakan pengurangan berat dan gesekan, dan menghilangkan kebutuhan komponen pendingin lain, seperti sirip pendingin pada blok mesin maupun pompa cairan.

Sebagai gantinya, aliran pendinginan oli yang terpisah ditambahkan. Ini tidak hanya mengurangi berat, tetapi juga ramah biaya perawatan.

Suzuki mengatakan pelumas mesin yang panas melewati pendingin oli dan kemudian melalui saluran pendingin oli sebelum masuk ke bak penampungan oli.

Sistem kemudian menyalurkan oli yang didinginkan melalui filter ke berbagai bagian mesin seperti piston, engkol, cam, dan transmisi.

“Ini adalah proses berkelanjutan di mana aliran pelumasan tetap terpisah dari aliran pendinginan yang menghasilkan efisiensi pendinginan,” kata Suzuki.

Di luar pembaruan teknis, Suzuki Gixxer SF 250 MotoGP ini mendapat sentuhan eksterior yang racy. Pada bagian pelek ketambahan list berwarna hijau stabilo. Tak lupa, beragam merek sponsor juga menempel di area fairing. Dan jok belakangnya diberi tambahan cover.

Sementara itu, mengingat ini merupakan motor versi balap, kelengkapan legalitas berkendara di jalan raya juga dilucuti. Seperti kaca spion depan, dan area head lamp yang kini pakai model lampu buta. Selain itu, spakbor belakang juga ditanggalkan dan knalpotnya sudah memakai model racing.

Untuk mesinnya, masih menggunakan spesifikasi standar, 4-stroke satu silinder 249 cc dengan tenaga maksimal 26 dk pada 9.000 rpm, yang ditemani transmisi manual 6 percepatan. PT KP PRESS

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KP PRESS
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KP PRESS
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KP PRESS
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KP PRESS
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KP PRESS
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KP PRESS
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KP PRESS
detik.com

Leave a comment