PT KP PRESS | Novel tentang Putra dan Istri William Shakespeare Menangkan Penghargaan

PT KP PRESS SURABAYA – Novel karangan Maggie O’Farrell memenangkan penghargaan bergengsi perempuan kategori fiksi lewat karyanya yang berjudul Hamnet. Karya yang mengeksplorasi kehidupan istri William Shakespeare dipuji tim dewan juri.
Maggie O’Farrell mengalahkan finalis lainnya Hilary Mantel lewat The Mirror and the Light. Serta penulis Bernardine Evaristo lewat novel Girl, Woman, Other.

Sang novelis yang tinggal di Irlandia Utara mengatakan ia terpesona akan cerita Hamnet Shakespeare yang meninggal di tahun 1596. Kemungkinan, ia meninggal karena wabah.

Nama Hamnet Shakespeare digemakan menjadi drama tragedi besar sang novelis yang kini dikenal berjudul Hamlet.

“Anda hanya perlu membaca babak pertama Hamlet untuk menyadari ini adalah tentang arus kesedihan yang dalam,” kata Maggie O’Farrell.

Menurutnya, kematian putra William Shakespeare itu disebutkan dalam berbagai biografi Shakespeare.

“Kematiannya sering dimasukkan dalam statistik kematian muda karena wabah dan saat itu angkanya sangat tinggi. Tapi seolah-olah kematiannya bukan menjadi masalah besar,” lanjutnya.

Novel Hamnet tak hanya menceritakan soal putranya saja, tapi juga fokus kepada kisah tentang istri sang dramawan Shakespeare. Istri Shakespeare yang bernama Anne Hathaway digambarkan sebagai perempuan yang buta huruf karena ia tidak berpendidikan dan lebih tua 8 tahun dari Shakespeare.

Tapi dalam novel, Maggie O’Farrell menceritakan Anne yang mandiri, ahli berburu dengan elang, dan pandai mengurus rumah tangga.

Untuk menyelesaikan novelnya, Maggie O’Farrell mengunjungi rumah Anne Hathaway dekat dengan Stratford-upon-Avon. Bahkan sang novelis belajar bagaimana melakukan pengobatan dari tumbuh-tumbuhan dan segala keahlian yang dilakukan oleh istri Shakespeare.

Penghargaan Women’s Prize dilangsungkan secara online karena pandemi COVID-19. Salah satu juri melakukan perjalanan ke Edinburgh untuk memberikan patung hadiah kepada O’Farrell.

“Setelah melalui krisis COVID-19 ini, saya merasa lebih dekat dengan Elizabethans, yang hidup dengan ketakutan terus-menerus terhadap wabah dan penyakit lainnya,” tukasnya. PT KP PRESS

 

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KP PRESS
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KP PRESS
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KP PRESS
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KP PRESS
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KP PRESS
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KP PRESS
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KP PRESS
detik.com

Leave a comment