KONTAK PERKASA FUTURES | Lampu Check Engine Avanza Nyala Terus? Ini Penyebab dan Solusinya

KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Lampu indikator di panel informasi mobil memiliki arti khusus yang biasanya menyampaikan pesan peringatan. Bagi pemilik Toyota Avanza dan lampu indikator Check Engine terus menyala ada beberapa arti yang menandakan adanya masalah.

Ketika lampu ini menyala berarti ada masalah yang mengganggu kinerja mesin mobil Avanza. Tapi, Anda yang memiliki masalah ini tidak perlu khawatir. Auto2000 memiliki penjelasan serta solusi mengatasinya. Berikut rangkumannya.

  1. Arus Pendek di ECU
    Penyebab pertama lampu check engine Avanza menyala terus adalah arus pendek di dalam ECU. Hal ini terjadi karena tegangan aki mobil tidak stabil. Biasanya ini dialami oleh Avanza bertransmisi manual.

Jika ini terjadi, cabut kabel konektor negatif di aki, lalu tunggu selama 10 detik. Pasang kembali kabel tersebut lalu cek apakah lampu check engine masih menyala atau tidak.

  1. Filter Udara Kotor
    Filter udara kotor juga dapat menjadi penyebab lampu check engine terus menyala. Fungsi komponen mesin ini sangat penting karena bisa menentukan jumlah bahan bakar yang harus dipakai.

Ketika filter udara sudah terlalu kotor, maka suplai udara ke dalam ruang bahan bakar menjadi terhambat. Anda harus segera membersihkan atau mengganti filter udara agar masalah ini terselesaikan.

  1. Sensor Oksigen Rusak
    Sensor oksigen berguna untuk memonitor oksigen di dalam knalpot sekaligus menentukan berapa banyak bahan bakar yang akan terbakar. Kalau sensor oksigen rusak, maka kinerja mesin sudah pasti terganggu.

Inilah yang akhirnya membuat lampu check engine langsung menyala. Masalah ini bisa selesai dengan mengganti sensor oksigen mobil Avanza Anda.

  1. Catalytic Converter Rusak
    Bagi yang belum tahu, catalytic converter berfungsi agar bisa mengubah karbon monoksida serta zat berbahaya lainnya yang lebih aman untuk lingkungan. Ketika komponen ini mengalami kerusakan, tidak hanya lampu check engine saja yang menyala, tetapi bahan bakar menjadi cepat habis serta tidak ada tenaga untuk melaju.
  2. Tutup Bensin Tidak Rapat
    Hal sepele ini juga menjadi penyebab lampu check engine terus menyala di mobil Avanza anda. Ketika Anda sedang mengisi bensin, sebaiknya pastikan bahwa penutupan berjalan sempurna. Jika tutup bensin tidak rapat, maka lampu check engine akan menyala.

Kejadian ini biasanya dibaca sensor pada ECU sebagai hal berbahaya. Akhirnya lampu check engine pasti menyala. Maka dari itu, untuk menghindari hal ini terjadi, jangan lupa tutup bensin secara rapat setiap proses pengisian bahan bakar berakhir.

  1. Oli Mesin Berkurang
    Filter oli juga wajib dicek secara berkala. Dalam hal ini jika oli mesin berkurang adalah kondisi yang fatal. Komponen mesin tidak akan terlumasi dengan baik sehingga kinerja mobil pasti terhambat.

Oli mesin yang berkurang juga bisa karena ada kebocoran. Kalau sudah disebabkan oleh masalah ini, Anda sebaiknya segera membawa mobil ke bengkel. KONTAK PERKASA FUTURES

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
detik.com

Leave a comment