PT KP PRESS | Sebelum Cabut, Donald Trump Beri ‘Serangan’ Pamungkas ke Huawei

PT KP PRESS SURABAYA – Pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah Donald Trump mengumumkan kepada para perusahaan pemasok Huawei, bahwa mereka mencabut lisensi tertentu penjualan ke perusahaan China. Pengumuman itu juga disampaikan termasuk kepada perusahaan pembuat chip, Intel Corp.
Melansir Reuters, Senin (18/1/2021), menurut sumber Reuters yang mengetahui kebijakan itu mengatakan bahwa regulator juga bermaksud menolak lusinan aplikasi lain untuk memasok ke produk Huawei.

Ini merupakan aksi baru yang dilakukan oleh regulator AS di bawah pemerintahan Trump untuk melemahkan produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia itu yang dituding memberikan ancaman kepada keamanan nasional AS. Bisa jadi juga ini merupakan serangan yang terakhir sebelum Trump harus meninggalkan kursi Presiden AS.

Pemberitahuan itu muncul di tengah kesibukan upaya AS melawan China di hari-hari terakhir pemerintahan Trump. Joe Biden dari Partai Demokrat akan mengambil sumpah jabatan sebagai presiden pada hari Rabu mendatang.

Seorang juru bicara Intel Corp belum bisa memberikan berkomentar, dan juru bicara Departemen Perdagangan AS tidak segera membalas permintaan komentar Reuters.

Dalam email yang dilihat oleh Reuters yang mendokumentasikan tindakan tersebut, Asosiasi Industri Semikonduktor mengatakan pada hari Jumat bahwa Departemen Perdagangan telah menolak sebagian besar pengajuan lisensi produk semikonduktor yang akan dikirimkan ke Huawei dan mencabut setidaknya 1 lisensi yang sudah diberikan kepada produk yang dipasok ke Huawei.

Salah satu sumber yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan ada lebih dari 1 pencabutan lisensi. Sedangkan sumber lainnya mengatakan ada 8 lisensi yang dicabut dari 4 perusahaan.

Pembuat chip memori flash Jepang, Kioxia Corp telah mencabut setidaknya satu lisensi, kata dua sumber itu. Perusahaan yang sebelumnya bernama Toshiba Memory Corp itu belum bisa dihubungi untuk dimintai komentar.

Perusahaan yang menerima pemberitahuan itu memiliki waktu 20 hari untuk memberikan tanggapan, dan Departemen Perdagangan AS memiliki waktu 45 hari untuk memberitahu perusahaan jika ada perubahan dalam keputusan itu atau keputusan tersebut sudah menjadi final. Perusahaan kemudian memiliki waktu 45 hari lagi untuk mengajukan banding.

Seperti diketahui, Amerika Serikat memasukkan Huawei ke dalam ‘daftar entitas’ yang mendapatkan perhatian lebih dari Departemen Perdagangan sejak Mei 2019. Perusahaan di dalam daftar itu dibatasi untuk mendapatkan pasokan barang dan teknologi dari AS.

Kebijakan itu juga diperluas oleh otoritas AS yang meminta lisensi untuk penjualan semikonduktor yang dibuat di luar negeri dengan teknologi Amerika. PT KP PRESS

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KP PRESS

2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KP PRESS
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KP PRESS
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KP PRESS
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KP PRESS
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KP PRESS
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KP PRESS detik.com

Leave a comment