KONTAK PERKASA FUTURES | Mobil Listrik Berlapis Panel Tenaga Matahari, Mau Isi Daya Tinggal Dijemur

KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Mobil listrik selain menawarkan bebas emisi juga konsumsi energinya yang kecil. Bayangkan jika mobil listrik hanya butuh cahaya matahari lewat solar panel sebagai sumber tenaganya, anda tak perlu memikirkan biaya listrik lagi.

Mimpi itu tampaknya akan segera terwujud setelah perusahaan mobil baru asal Jerman meluncurkan mobil listrik dengan solar panel versi pra produksi pertamanya. Mobil bernama Sion itu prototipenya sudah diperkenalkan pada tahun 2017 dan terus berkembang hingga masuk jalur produksi di akhir tahun 2019. Tadinya mobil ini siap dipasarkan di akhir tahun 2020, tapi karena kondisi pandemi jadi tertunda.

Mobil ini pun kembali muncul di pameran virtual CES 2021 lewat model bernama Sono. Model Sono adalah salah satu yang dipastikan akan dapat dipesan dan dimiliki oleh konsumen.

Sion Sono dilabeli harga USD 30.200 atau setara Rp 425 juta berdasarkan nilai tukar hari ini. Harga ini meningkat dari penawaran pertama saat akan masuk jalur produksi, tapi peningkatan harga itu seiring dengan peningkatan kualitas dan spesifikasinya.

Hingga dapat dijual massal, Sion Sono akan terus dikembangkan. Namun, terlepas dari itu semua, mobil ini jelas menjadi kendaraan bertenaga surya pertama di dunia yang diproduksi masal.

Mobil ini tidak dilapisi cat sebagai eksteriornya, tapi sel surya. Mulai dari atap, kap mesin, pintu, dan bagian belakang ada sel suryanya. Lapisan panel surya ini dapat mengkonversi panas matahari menjadi jarak tempuh sejauh 34 km di hari cerah. Kemampuan ini tentu tergantung pada kondisi dan lokasi di mana mobil berada.

Selain menyerap tenaga matahari, sebagai mobil listrik tentu dapat diisi pula baterainya. Baterai mobil ini dapat digunakan untuk menempuh jarak sejauh 255 km dengan satu kali pengisian penuh.

Penggerak listrik berasal dibuat oleh Continental, dengan tenaga puncak 150kW, tenaga kontinu 60kW, dan torsi 175 Nm. Kecepatan tertinggi mencapai 140 kpj.

Sion dilengkapi dengan aplikasi pendamping yang saat ini sedang dalam pengembangan. Aplikasi ini memungkinkan pemilik masuk ke kabin tanpa kunci dan mengatur berbagai konfigurasi. KONTAK PERKASA FUTURES

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
detik.com

Leave a comment