KONTAK PERKASA FUTURES | Cara Merawat Rem Cakram Motor

KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Rem merupakan perangkat penting pada motor untuk mengurangi atau memberhentikan laju roda. Rem cakram, perlu dipantau dan dirawat agar performanya tetap optimal saat diperlukan.

Dikutip dari laman Suzuki, berikut beberapa tips sederhana merawat rem cakram motor yang bisa dilakukan sendiri, maupun di bengkel.

  1. Memperhatikan Kondisi Pemasangan Rem

Agar rem dapat bekerja dengan baik, perlu pemasangan yang tepat sesuai dengan yang disarankan. Bila Anda tak cukup yakin memasang sendiri, Anda bisa menyerahkannya ke bengkel resmi atau bengkel umum.

  1. Cek Minyak Rem Secara Berkala

Minyak rem memiliki peran yang cukup banyak dalam menunjang performa rem cakram. Agar rem cakram dapat difungsikan dengan baik, maka memperhatikan minyak rem wajib dilakukan. Memeriksa kondisi minyak rem secara berkala merupakan langkah sederhana yang bisa dilakukan sendiri.

  1. Cek Kondisi Selang Rem

Apabila minyak rem sudah berada dalam kondisi baik, maka komponen selanjutnya yang perlu diperiksa adalah selang rem. Selang rem mempengaruhi aliran minyak rem ke rem ketika sedang digunakan.

Hindari kebocoran selang agar tidak terjadi ketumpahan minyak rem. Sifat minyak yang licin nantinya pasti akan mempengaruhi kinerja rem cakram.

  1. Mengganti Kampas Rem Bila Sudah Aus

Berbicara mengenai rem, sudah pasti bersangkutan dengan gaya gesek. Kinerja rem yang memanfaatkan gaya gesek secara langsung dibantu oleh kampas rem. Bila telah menemukan kondisi kampas yang aus, maka sebaiknya segera menggantinya.

Kampas rem memiliki peluang aus yang tinggi dalam penggunaannya. Maka dari itu, penting sekali menjaga rem agar tidak bergesekan dengan kampas yang aus. Kondisi ausnya kampas, akan membuat rem menjadi lebih licin karena gaya gesek yang ditimbulkan semakin kecil. KONTAK PERKASA FUTURES

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
detik.com

Leave a comment