PT KONTAK PERKASA | Warren Buffett Investasi Besar di Produsen Mobil Listrik China

PT KONTAK PERKASA SURABAYA – Konglomerat Warren Buffett memegang kepemilikan saham yang besar di perusahaan pembuat mobil listrik BYD melalui perusahaan investasinya, Berkshire Hathaway. Bahkan porsi saham di perusahaan asal China itu melebihi porsi saham di General Motors (GM).
Melansir CNBC, Senin (1/3/2021), Berkshire Hathaway memegang 8,2% saham di BYD yang sahamnya terdaftar di Hong Kong. Berdasarkan portofolio perusahaan itu merupakan kepemilikan saham terbesar ke-8 berdasarkan nilai pasar pada 31 Desember 2020 yang dirilis pada hari Sabtu.

Sebaliknya, perusahaan tersebut memegang hanya 3,7% saham di GM yang merupakan kepemilikan terbesar ke-15. Saham BYD sendiri naik lebih dari 300% selama 12 bulan terakhir. Sedangkan GM telah naik 65% selama periode waktu yang sama.

Unit Berkshire Hathaway, perusahaan Warren Buffett, pertama kali berinvestasi di perusahaan baterai dan mobil listrik BYD pada tahun 2008.

Perusahaan yang berbasis di Shenzhen itu telah menjadi produsen mobil utama di pasar mobil terbesar di dunia, dan menjual lebih dari 130.000 mobil listrik berpenumpang tahun lalu. Itu jauh lebih banyak daripada pesaing mobil listrik pemula seperti Nio, yang menjual lebih dari 43.700 mobil tahun lalu.

Pada bulan Januari, GM menjadi produsen mobil tradisional terbaru yang mempercepat pengembangan ke kendaraan listrik dengan mengumumkan akan mengakhiri produksi semua mobil, truk, dan SUV bertenaga diesel dan bensin pada tahun 2035. PT KONTAK PERKASA

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA

2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA detik.com

Leave a comment