PT KONTAK PERKASA FUTURES | Sudah Benarkah Cara Anda Menyalakan AC Mobil?

 

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Di tengah suhu panas, AC mobil menjadi salah satu andalan ketika sedang berada di perjalanan. Tapi rupanya tak semua pengendara menyalakan AC mobil dengan benar. Padahal tujuannya mendinginkan kabin mobil, namun karena caranya yang salah justru membuat suhu di dalam malah tambah panas.

Suhu panas dalam kabin mobil dapat memperlambat reaksi pengemudi ketika berkendara. Disebutkan pabrikan mobil asal Spanyol Seat yang dikutip dari The Sun, Selasa (24/6/2019), jika kabin di dalam mobil memanas hingga 35 derajat Celcius, reaksi pengendara bisa berkurang 20 persen dibandingkan kabin bersuhu 25 derajat Celcius.

Kesalahan pertama yang paling sering dilakukan pengendara ketika menyalakan AC adalah langsung menyetelnya ke suhu paling dingin sesaat setelah masuk ke dalam mobil. Padahal cara demikian justru hanya membuat udara panas yang tersirkulasi dalam mobil.

Cara agar mobil cepat dingin adalah membuka pintu dan kaca terlebih dahulu sekitar satu menit menunggu semua sistem mobil tersambung. Setelah satu menit, tutup pintu dan nyalakan AC hingga ke suhu pengaturan paling dingin.

Kemudian AC jangan langsung diarahkan pengendara itu sendiri. Seringkali kita melihat, usai menyetel AC kisi-kisinya langsung diarahkan ke pengendara agar cepat dingin. Cara itu juga membuat suhu dalam kabin tambah panas.

Apabila mau mengarahkan kisi-kisi AC bisa ke bagian atap agar udara dingin lebih merata tersebar ke seluruh kabin. Kalau mobil sudah memiliki pengaturan AC secara otomatis fitur itu bisa dimanfaatkan. Dengan sistem Auto, kabin akan tetap terasa dingin dan sirkulasi udara dari luar masih terus berlangsung sehingga kaca tidak berembun.

Jangan lupa untuk mengecek secara rutin kondisi AC mobil agar bisa bekerja secara optimal.

“Buka pintu dan turunkan kaca semenit sebelum menyalakan AC untuk mengurangi suhu panas dalam kabin secara natural. Jika penumpang belakang tak bisa merasakan dinginnya kabin, atur kisi-kisinya dengan baik,” ujar Engineer di Seat Technical Centre Angel Suarez.

“Ini bukan masalah temperaturnya, tapi masalah aliran udara di dalam mobil. Kisi-kisi sebaiknya diarahkan ke atas bukan langsung ke wajah si pengendara. Dengan begitu udara dingin mengalir ke semua bagian interior dan bisa dirasakan semua penumpang di dalam,” sambungnya. PT KONTAK PERKASA FUTURES

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES

Leave a comment